Tansīqu Alfāẓ Wa Al Uslūbi Al-Lughawī Fī Shi‘r Al-I‘tirāf (Dirāsah Uslūbiyyah Bi-Naẓariyyat Jūris Kīrāf)

Awaliyah, Tri Diana (2024) Tansīqu Alfāẓ Wa Al Uslūbi Al-Lughawī Fī Shi‘r Al-I‘tirāf (Dirāsah Uslūbiyyah Bi-Naẓariyyat Jūris Kīrāf). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360093_Cover.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_Lampiran Depan.pdf

Download (939kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_BAB I.pdf

Download (872kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (682kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (795kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Teks
S_BSA_201360093_Daftra Pustaka.pdf

Download (447kB)

Abstrak

Penelitian ini menggunakan diksi dan gaya bahasa sebagai kajian puisi Al Itiraf yang di duga karya Abu Nuwas, menggunakan teori stilistika gorys keraf. Menurut Gorys Keraf stilistika adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari gaya bahasa digunakan dalam karya sastra. Stilistika berfokus pada cara penyair atau penulis menggunakan bahasa untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan emosi mereka, serta bagaimana penggunaan bahasa ini menciptakan efek tertentu pada pembaca atau pendengar. Stilistika berusaha mengungkap cara dan alasan di balik penggunaan bahasa tertentu dalam teks sastra dan bagaimana hal ini mempengaruhi interpretasi dan pengalaman pembaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teori kajian pustaka. Peneliti menggunakan puisi sebagai objek kajian dan juga menggunakan metode deskriptif dalam mengkaji puisi Al-Itiraf, berisi tentang diksi dan gaya bahasa yang terjadi pada penggunaan bahasa untuk menciptakan keindahan dan kesesuaian kata dapat meningkatkan nilai estetis suatu karya sastra. Melalui analisis stilistika terlihat bahwa struktur kalimat dalam pemilihan kata dan penggunaan bahasa dalam puisi Al-Itiraf untuk menyampaikan pesan religius dan eksistensi dengan cara mempengaruhi pembaca secara mendalam, Puisi Al-Itiraf mengajak pembaca untuk merenungkan kehidupan mereka, menyadari kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat, dan memohon ampun kepada Tuhan dengan tulus. Melalui kata-kata yang dipilih dengan cermat, penyair menyampaikan pesan universal tentang penyesalan, kerendahan hati, dan harapan akan pengampunan Allah. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan pentingnya analisis stilistika dalam memahami karya sastra klasik. Melalui pendekatan ini, dapat di lihat bagaimana teknik bahasa yang digunakan oleh penyair berkontribusi terhadap keindahan dan makna keseluruhan karya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur mengenai penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam puisi dan memberikan wawasan lebih luas mengenai analisis stilistika dalam sastra Arab klasik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Diksi, Gaya bahasa, Stilistika, Puisi Al-I'tiraf
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 03:07
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 03:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.