Heri, Heri (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Peserta Didik (Studi di SMA Negeri 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210172_Cover.pdf Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210172_Lampiran Depan.pdf Download (397kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210172_Bab I.pdf Download (356kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210172_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (672kB) |
||
Teks
S_PAI_191210172_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
Teks
S_PAI_191210172_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (242kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210172_Bab V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210172_Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini field research yaitu dimana peneliti langusng ke tempat penelitian yang berlokasi di SMA Negeri 1 Kota Serang melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Serang adalah koordinasi dengan berbagai unsur di lingkungan sekolah, membuat program terkait moderasi beragama di sekolah yang telah disesuiakan dengan kurikulum sekolah, sosialisasi nilai moderasi beragama yang terintegrasi dalam program sekolah, dan perencanaan perangkat atau administrasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. 2) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Serang adalah yaitu a) pengembangan PAI berbasis nilai-nilai moderasi beragama melalui budaya sekolah (School Culture) selanjutnya ada juga pengembangan nilai moderasi beragama melalui budaya kelas (Clasroom Culture). Dan pelaksanaan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kota Serang terlihat sikap nilai toleransi dan nilai keseimbangan yang ditunjukan dikelas maupun dilingkungan sekolah. 3) Hasil internalisasi nilai- nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Serang adalah nilai toleransi (tasamuh) dan nilai keseimbangan (tawazun).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Internalisasi, Moderasi Beragama, PAI dan Budi Pekerti |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 02 Sep 2024 08:41 |
Perubahan Terakhir: | 02 Sep 2024 08:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15075 |
Actions (login required)
Lihat Item |