Peran Komunitas Graha Kreatif Dalam Pemberdayaan Melalui Program Pelatihan Kepada Masyarakat Di Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang

Qodarsih, Nova (2024) Peran Komunitas Graha Kreatif Dalam Pemberdayaan Melalui Program Pelatihan Kepada Masyarakat Di Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530048_COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (784kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_PMI_201530048_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstrak

Graha Kreatif adalah komunitas dinamis yang didedikasikan untuk memberdayakan sumber daya manusia untuk membangun masyarakat yang lebih baik. Komunitas ini didirikan karena banyaknya masyarakat yang kurang paham tentang teknologi digital dan cara membudidaya. Untuk itu Graha Kreatif berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan bakat, menyediakan lingkungan yang mendukung dimana setiap individu dapat menemukan potensi mereka. Komunitas Graha Kreatif mempunyai empat program pelatihan di antaranya: pelatihan ilmu komputer, pelatihan jurnalistik, pelatihan budidaya burung puyuh dan pelatihan digital marketing. Dari latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apa saja program pelatihan Komunitas Graha Kreatif dalam pemberdayaan kepada masyarakat? 2) Bagaimana peran Komunitas Graha Kreatif dalam program pelatihan kepada masyarakat? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Komunitas Graha Kreatif dalam menjalankan program pemberdayaan di Desa Pasirbuyut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan bagaimana proses dan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan September 2023-Maret 2024. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Komunitas Graha Kreatif mempunyai empat program pelatihan untuk meningkatkan kualitas masyarakatnya. Empat program pelatihan yaitu: pelatihan ilmu komputer, pelatihan jurnalistik, pelatihan budidaya burung puyuh dan pelatihan digital marketing. 2) Peran yang dilakukan Komunitas Graha Kreatif pada pelatihan kepada masyarakat diantaranya peran aktif, peran partisipatif dan peran pasif. 3) Dalam setiap kegiatan pasti ada faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya yaitu solidaritas antar pengurus sangat erat, mendapat dukungan dari pemerintah desa, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan yang terakhir adanya kerjasama dengan PT. Ardena yang ada di Cempaka Putih. Sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya sumber daya manusia dan belum adanya kerjasama dengan perusahaan sekitar sedangkan masyarakat ingin bekerja di perusahaan terdekat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Budidaya Burung Puyuh, Komunitas, Pemberdayaan, Pelatihan Komputer
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 03:42
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 03:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.