Dukungan Sosial Dari Teman Sebaya Dalam Menangani Stres Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Modern Assa’adah Petir

Indriyani, Shintia Asih (2024) Dukungan Sosial Dari Teman Sebaya Dalam Menangani Stres Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Modern Assa’adah Petir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520097_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (759kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Teks
S_BKI_201520097_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstrak

Pondok pesantren identik dengan jalinan persaudaraan yang erat. Jalinan persaudaraan yang erat, yang dimaksud disini adalah adanya peran dukungan sosial teman sebaya terutama dalam membantu menangani stres. Stres merupakan kondisi psikologis yang umum dialami oleh setiap individu dalam berbagai situasi, termasuk oleh santriwati yang ada di Pondok Pesantren Modern Assa‟adah Petir. Dukungan sosial teman sebaya dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membantu mengelola stres. Maka dari itu, peneliti merumuskan masalah yaitu (1) Bagaimana stres yang dialami santriwati di lingkungan Pondok Pesantren Modern Assa‟adah Petir? (2) Bagaimana dukungan sosial dari teman sebaya dalam membantu menangani stres di lingkungan Pondok Pesantren Modern Assa‟adah Petir?. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai dukungan sosial teman sebaya. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Modern Assa‟adah Petir. Partisipan dalam penelitian ini adalah santriwati kelas 5. Instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama; Sumber yang dapat menyebabkan stres santriwati diantaranya dari akademik, hafalan-hafalan dan lingkungan pesantren yang memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Ditegaskan bahwa Penelitian ini menunjukkan santriwati memiliki persepsi yang positif terhadap dukungan sosial yang diterima dari teman sebaya dalam membantu menangani stres. Kedua; Dukungan sosial teman sebaya di Pondok Pesantren Modern Assa‟adah sudah baik. Dukungan sosial teman sebaya terbukti memiliki peran yang signifikan dalam membantu santriwati menangani stres. Bagi para santriwati, teman sebaya menjadi sumber utama untuk berbagi perasaan, memperoleh nasihat serta mendapatkan dorongan emosional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dukungan Sosial Teman Sebaya, Stres, Santriwati.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 26 Aug 2024 04:21
Perubahan Terakhir: 26 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.