Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Remaja (di Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur)

Hadi Muhammad, Wildan (2024) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Remaja (di Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520174_COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (181kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (63kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (178kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
S_BKI_191520174_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Remaja yang terbiasa membantu orang lain disekitarnya akan memandang hidup mereka dengan cara positif dan memiliki harapan besar untuk masa depan mereka. Peduli sosial dapat dibilang sebagai suatu ketertarikan untuk ingin membantu dan menolong orang lain. Ada beberapa remaja masih belum terbiasa membantu orang lain disekitarnya dan kurang tertarik untuk membantu dan menolong orang lain. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan kepedulian sosial remaja yakni dengan menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam menumbuhkan kepedulian sosial remaja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan teknik keabsahan data. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana kondisi kepedulian sosial remaja di Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur, mengetahui bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam menumbuhkan kepedulian sosial, dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam menumbuhkan kepedulian sosial di Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur. Hasil dalam penelitian ini yakni pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Role Playing yang dilakukan kepada 5 orang remaja sebagai responden melalui empat kali pertemuan dengan empat tahap disetiap pertemuannya. Pertemuan pertama, menyampaikan materi tentang kepedulian sosial, pada pertemuan kedua, peneliti melakukan pengulangan materi baik tentang bimbingan kelompok maupun kepedulian sosial. Kemudian pada pertemuan ketiga peneliti melakukan penyampaikan pengulangan materi yang telah di sampaikan pada pertemuan sebelumya, selanjutnya pada pertemuan keempat, peneliti melakukan permainan peran yang di lakukan oleh anggota kelompok untuk memerankan peranya masing-masing yang telah ditentukan di kegiatan bimbingan kelompok.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Kelompok, Remaja, Kepedulian Sosial, Teknik Role Playing
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 19 Aug 2024 07:57
Perubahan Terakhir: 19 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14994

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.