Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Materi Keragaman Budaya (Research and Development di Kelas IV Imam Hambali SD Islam An-Nur, Cipocok Jaya Kota Serang)

Kinanti, Putri (2024) Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Materi Keragaman Budaya (Research and Development di Kelas IV Imam Hambali SD Islam An-Nur, Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240058_Cover.pdf

Download (170kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240058_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240058_Bab I.pdf

Download (411kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240058_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240058_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (625kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240058_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240058_Bab V.pdf

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240058_Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media scrapbook berbasis budaya lokal pada materi keragaman budaya di kelas IV. 2) mengetahui kelayakan media scrapbook berbasis budaya lokal. 3) mengetahui keefektifan media scrapbook berbasis budaya lokal. Adapun latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPAS materi keragaman budaya. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan media pada pembelajaran IPAS materi keragaman budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan dari Thiagarajan model 4D yang terdiri atas empat tahap, yaitu: Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, rubrik penilaian ahli materi, ahli media, dan respon pengguna (guru), lembar soal pre-test dan post-test berbentuk pilihan ganda. Produk diuji cobakan pada kelas IV Imam Hambali dengan 18 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) prosedur pengembangan media scrapbook berbasis budaya lokal pada pengembangan ini memiliki 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. 2) kelayakan media scrapbook berbasis budaya lokal masuk pada kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli materi memperoleh skor 94%, validasi ahli media memperoleh skor 92%, dan validasi ahli pembelajar/guru kelas memperoleh skor 91%. Hasil rata-rata dari ketiga ahli tersebut yaitu 92% dan masuk pada kategori “Sangat layak”. 3) keefektifan media dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran, hal ini dapat terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai N-Gain 0,76 masuk pada kategori “Tinggi” dan memperoleh presentase N-Gain 76,39% masuk pada kategori “Efektif”. Dengan demikian, media scrapbook berbasis budaya lokal sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): media scrapbook, budaya lokal, hasil belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 07:24
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14947

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.