Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di Sekolah Khusus

Maimanah, Asnahul (2024) Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di Sekolah Khusus. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240038_Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Lampiran Depan.pdf

Download (700kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Bab I.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (358kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (356kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240038_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di sekolah khusus. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita di Sekolah Khusus Fauzan? Hipotesis penelitian ini adalah Ho yaitu tidak terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita dan Ha terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah 23 siswa, adapun sampel penelitian ini sebanyak 10 siswa tunagrahita dan instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Matched Pairs (Uji t) dengan taraf Signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. (2-tailed) memilki nilai sebesar 0,005, yaitu nilai 0,005 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di Sekolah Khusus Fauzan Bojonegara Kabupaten Serang. Peneliti merekomendasi agar materi berhitung pada mata pelajaran matematika di kelas II dapat disampaikan melalui media kartu angka bergambar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kartu angka bergambar, kemampuan berhitung, tunagrahita
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.9 Pendidikan Khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 04:38
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 04:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.