Maimanah, Asnahul (2024) Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di Sekolah Khusus. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240038_Cover.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240038_Lampiran Depan.pdf Download (700kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240038_Bab I.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240038_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (287kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240038_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (358kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240038_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (356kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240038_Bab V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240038_Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di sekolah khusus. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita di Sekolah Khusus Fauzan? Hipotesis penelitian ini adalah Ho yaitu tidak terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita dan Ha terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah 23 siswa, adapun sampel penelitian ini sebanyak 10 siswa tunagrahita dan instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Matched Pairs (Uji t) dengan taraf Signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. (2-tailed) memilki nilai sebesar 0,005, yaitu nilai 0,005 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan di Sekolah Khusus Fauzan Bojonegara Kabupaten Serang. Peneliti merekomendasi agar materi berhitung pada mata pelajaran matematika di kelas II dapat disampaikan melalui media kartu angka bergambar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | kartu angka bergambar, kemampuan berhitung, tunagrahita |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.9 Pendidikan Khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 23 Jul 2024 04:38 |
Perubahan Terakhir: | 23 Jul 2024 04:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14945 |
Actions (login required)
Lihat Item |