Pengembangan Media Papan Pintar Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran IPA

Putri, Shiefa Aulia (2024) Pengembangan Media Papan Pintar Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran IPA. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240023_Cover.pdf

Download (169kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Lampiran Depan.pdf

Download (707kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Bab I.pdf

Download (261kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (504kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (806kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Bab V.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240023_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengahasilkan produk media papan pintar gambar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Ujung Tebu III Ciomas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu; (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan dalam adalah lembar observasi, wawancara, angket validasi produk, angket repon guru dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ujung Tebu III Ciomas-Serang yang melibatkan 16 peserta didik sebagai sampel. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini, media papan pintar gambar melalui serangkaian uji coba dan uji validasi oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi, serta mendapatkan penilaian dari tiga orang guru dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dengan presentase penilaian dari ahli media 100% kategori “sangat baik”, dan presentase penilaian dari ahli materi 84% kategori “sangat baik”, serta presentase penilaian dari ketiga guru 92%, 80% dan 84%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus N-gain pre-test dan post-test pada nilai peserta didik sebesar 0,77 dengan presentase 77,47% dengan kategori “tinggi”, dan dari hasil penilaian pre-test dan post-test tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 38,75%. Dengan begitu, berdasarkan hasil skor penialaian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa media papan pintar gambar layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pengembangan, media papan pintar gambar, berpikir kritis, IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 04:06
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.