Sari, Sahira Kartika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Tema 8 Subtema 1 Terhadap Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa (Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Bendungan Hilir 12 Pagi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240118_COVER.pdf Download (15kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240118_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (758kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240118_BAB I.pdf Download (243kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240118_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (372kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240118_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240118_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (378kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240118_BAB V.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240118_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran tematik, tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 terhadap keterampilan bertanya siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study design menggunakan sampel 25 siswa. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam aktivitas pembelajaran meningkatkan kuantitas dan kualitas siswa bertanya selama tiga kali treatment. Teknik pengumpulan data berupa observasi berupa pengamatan terhadap keterampilan bertanya siswa secara langsung dan melakukan wawancara dengan salah satu siswa dan guru untuk mengetahui faktor lain yang dapat mempengaruhi keterampilan bertanya siswa. Hasil observasi kemudian dianalisis pengujian statistik dengan menggunakan program IBM SPSS v 20 menghasilkan pengaruh yang signifikan sehingga menunjukkan pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran tematik, tema 8 subtema 1 pembelajaran 1. Sedangkan hasil wawancara dibentuk dalam narasi menjelaskan tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan bertanya. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan bertanya siwa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | think pair share, keterampilan, tematik. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 10 Jul 2024 03:51 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jul 2024 03:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14848 |
Actions (login required)
Lihat Item |