Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Gambar Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn. (Research & Development di Kelas III SD)

Nurmala, Siti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Gambar Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn. (Research & Development di Kelas III SD). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240067_COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (595kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (351kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (463kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240067_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui prosedur pengembangan media kartu gambar berbasis HOTS pada materi hak dan kewajiban, serta untuk menguji kefektifan media kartu gambar berbasis HOTS dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi hak dan kewajiban di kelas III MI Roudhotul Ikhwan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis kuantitaif dan analisis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil dari uji validasi media kartu gambar dari validator ahli materi yang pertama memperoleh rata-rata presentase 92% dan dari validator ahli materi yang kedua memperoleh rata-rata presentase 100%, adapun hasil dari uji validasi media kartu gambar dari validator ahli media yang pertama memperoleh rata-rata presentase 92% dan dari validator ahli media yang kedua memperoleh rata-rata presentase 88%. Hal ini menunjukan bahwa media kartu gambar berbasis HOTS pada mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Adapun hasil dari uji coba media kartu gambar berbasis HOTS di kelas III MI Roudhotul Ikhwan, dari hasil yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan sebesar 53%. Sebelum uji coba produk nilai rata-rata presentase adalah 33% dan setelah melakukan uji coba produk peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 86%. Presentase hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas presentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hal ini menunjukan bahwa media kartu gambar berbasis HOTS efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III pada mata pelajaran PPKn.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Reseacrh and Developments, Kartu Gambar, HOTS.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Jul 2024 08:28
Perubahan Terakhir: 19 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.