Pengembangan Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar bagi Siswa Kelas V SD/MI

Khoeroh, Wilis (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar bagi Siswa Kelas V SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240004_COVER.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240004_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (985kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240004_BAB I.pdf

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (703kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (716kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240004_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media modul pembelajaran volume bangun ruang berbasis macromedia flash peserta didik kelas V di SDN Cibadak 05. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 4 tahap pengembangan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Berdasarkan tahap-tahap tesebut, peneliti menghasilkan sebuah produk berupa Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Bebasis Macromedia Flash pada pembelajaran matematika. Media yang dikembangkan di validasi oleh beberapa validator diantaranya validasi media,dan validasi materi. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemanfaatab, dan aspek materi. Dari validasi tersebut, maka diperoleh data sebagai berikut : 1) Valodasi media modul pembelajaran volume bangun ruang berbasis macromedia flash mendapat skor 87,5 % dengan kategori“Sangat Layak”. 2) Validasi materi mendapatkan skor 90 % dengan kategori “Sangat Layak”. 3) Validasi guru kelas mendapat skor 95 % dengan kategori“Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada peserta didik kelas V dengan jumlah Peserta didik 16 orang dengan nilai rata-rata 0,77 masuk dalam kategori “Tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran volume bangun ruang berbasis macromedia flash layak dan efektif digunakna dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): hasil belajar siswa, modul pembelajaran, pembelajaran volume bangun ruang
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 08 Jul 2024 07:30
Perubahan Terakhir: 30 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.