Analisis Loneliness (Kesepian) Pada Lansia di Wisma Berkah Pandeglang

Anah, Anah (2024) Analisis Loneliness (Kesepian) Pada Lansia di Wisma Berkah Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520087_Cover.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Teks
S_BKI_201520087_Daftar Pusat.pdf

Download (279kB)

Abstrak

Loneliness (kesepian) merupakan keadaan emosional yang dimiliki setiap manusia kesepian menyangkut aspek pengalaman dan perasaan emosian baik fisik maupun psikis Berbicara mengenai loneliness (kesepian) lansia yang tinggal di Wisma Berkah Pandeglang banyak yang mengalami Loneliness (Kesepian). Lansia yang tinggal di Wisma rata -rata masih mempunyai keluarga baik anak maupun saudara. Tugas perkembangan pada lansia yang tinggal di wisma tidak terpenuhi semuanya sehingga menyebabkan lansia yang tinggal di wisma lebih besar mengalami loneliness sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana sikap dan perilaku sehari-hari yang ditunjukkan lansia yang mengalami loneliness (kesepian) di Wisma Berkah Pandeglang?, 2) Bagaimana cara lansia yang tinggal di Wisma Berkah Pandeglang mengatasi Loneliness (Kesepian)?. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis sikap dan perilaku sehari-hari yang ditunjukkan lansia yang mengalami loneliness (kesepian) di Wisma dan cara lansia yang tinggal di Wisma Berkah Pandeglang mengatasi Loneliness (Berkah Pandeglang Kesepian). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dan jenis pene litian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang lansia , yang berusia 60 (enam puluh) tahun keatas dan 3 (tiga) orang narasumber yang mengetahui bagaimana kondisi lansia di Wisma Berkah Pandeglang. Hasil penelitian pada penelitian ini sikap dan perilaku yang ditunjukan lansia yang mengalam i loneliness ada 6 yaitu: kekosongan emosional, mudah beradaptasi, murung, menarik diri dari lingkungan, kurang bersosialisasi dan emosi yang tidak stabil. Cara lansia yang tinggal di Wisma Berkah Pandeglang mengatasi loneliness (kesepian) ada empat cara yaitu: membaca Al-qur'an, menyibukan diri (membersihkan kamar dan lingkungan Wisma), beraktivitas fisik (Program DINSOS) dan sosialisasi. Penelitian dan perbedaan dan ke empat cara mengatasi loneliness bagi lansia yang tinggal di wisma berkah pandeglang tidak mampu mengatasi loneliness (kesepian) hanya mampu mengurangi loneliness (kesepian).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesepian, Lansia (Lanjut U sia) dan Wisma Berkah Pandeglang
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Jul 2024 02:43
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.