Dampak Pernikahan di Bawah Umur Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus Perceraian Di Desa Serdang-Kramatwatu Kabupaten Serang)

Pajriana, Nia (2023) Dampak Pernikahan di Bawah Umur Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus Perceraian Di Desa Serdang-Kramatwatu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
CAVER.pdf

Download (29kB)
[img] Teks
lAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (344kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
LAMPIRAN.pdf

Download (442kB)

Abstrak

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita dengan tujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan sejahtera. Pernikahan dilakukan dengan adanya kesiapan dan kematangan. Berdasarkan Undang-Undang Perkawinan No. 1 tahun 1974 pasal 7 ayat 1 telah dijelaskan bahwa perkawinan hanya di izinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun dan pihak wanita mencapai umur 16 tahun. Namun saat ini masih banyak pernikahan yang dilakukan dibawah umur. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Apa faktor penyebab terjadinya pernikahan dibawah umur di Desa Serdang Kecematan Kramatwatu Kabupaten Serang Propinsi Banten?, 2. Apa dampak pernikahan dibawah umur terhadap kesejahteraan rumah tangga di Desa Serdang Kecematan Kramatwatu Kabupaten Serang Propinsi Banten? Tujuan penelitiannya adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan dibawah umur di Desa Serdang Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten, 2. Untuk mengetahui dampak pernikahan dibawah umur terhadap kesejahteraan rumah tangga di Desa Serdang Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Provinsi Banten. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research). Sedangkan data primer yang digunakan adalah hasil pengukuran berdasarkan angket dan interview terhadap beberapa responden terkait. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analaisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pernikahan dini yaitu: pertama, faktor ekonomi. Faktor ekonomi adalah faktor yang paling mendasari adanya pernikahan dini. Seringkali orangtua menjadikan alasan ekonomi untuk menikahkan anaknya secara dini dengan tujuan agar melepas beban dan tanggung jawab terhadap anaknya. Kedua, faktor pergaulan bebas. tingginya ke khawatiran orangtua terhadap pergaulan anaknya akan terjerumus dalam seks bebas membuat orangtua memilih jalan pintas untuk menikahkan anaknya. Sedangkan dampak dari pernikahan terhadap kesejahteraan umum yaitu: pertama, adanya tindakan kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini terjadi akibat kurangnya persiapan mental bagi seseorang yang melakukan pernikahan dini. Kedua, sulitnya perekonomian. Hal ini diakibatkan dari pengaruh usia yang terlalu dini sehingga mengakibatkan kurang matangnya finansial yang membuat mereka masih bergantung pada orang tua nya

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Atu Karomah Pembimbing II: Arif Rahman
Kata Kunci (keywords): pernikahan dibawah umur, kesejahteraan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2024 06:26
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.