Mardiah, Ayu (2024) Implementasi Metode Al-Qosimi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus di SDIT Al-Rasyid Kesek). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210104_Cover.pdf Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210104_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210104_BAB I.pdf Download (394kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210104_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (398kB) |
||
Teks
S_PAI_191210104_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (270kB) |
||
Teks
S_PAI_191210104_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (455kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210104_BAB V.pdf Download (263kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210104_Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Al-Qosimi di SDIT Al-Rasyid Kresek dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hafalan Al-Qur’an pada siswa setelah diterapkan metode Al-Qosimi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan mengenai berbagai macam dokumen yang telah dikumpulkan dengan rinci pada saat proses penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari guru tahfidz Al-Qur’an, dan siswa kelas II. Dan sumber data kedua yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari profil SDIT Al-Rasyid Kresek, daftar nama dan jumlah peserta didik SDIT Al-Rasyid Kresek, daftar nama siswa pada kelas II, yang akan diteliti, serta buku dan karya ilmiah lainnya yang relevan dengan judul pada penelitian yang dilakukan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : (1) Dalam implementasi metode Al-Qosimi terdapat beberapa poin persiapan belajar menggunakan metode Al-Qosimi yaitu juz ‘amma, buku pedoman metode Al-Qosimi, dan catatan pribadi setoran hafalan siswa dalam menunjang keberlangsungan belajar dengan metode Al-Qosimi. Serta penggunaan metode Al-Qosimi yang diterapkan guru tahfidz Al-Qur’an kepada siswa berjalan dengan baik sesuai buku pedoman metode Al-Qosimi. (2) Setelah dilakukannya implemenasi metode Al-Qosimi terdapat kontribusi dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an. Meskipun dalam penerapan hukum bacaan tajwidnya masih terbilang kurang, akan tetapi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode Al-Qosimi mendapatkan respon positif dari peserta didik bahkan dari wali murid karena berdampak baik pada peningkatan hafalan Al-Qur’an.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Metode Al-Qosimi, hafalan Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 25 Jun 2024 07:31 |
Perubahan Terakhir: | 25 Jun 2024 07:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14761 |
Actions (login required)
Lihat Item |