Hasanah, Uswatun (2024) Tahlil Kitab "Ilmu Shorof untuk Pemula" Kamaadah Ta'limiyah fii 'Ilmi ash-Shorf. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220001_Cover.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220001_Lampiran Depan.pdf Download (935kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220001_BAB I.pdf Download (453kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220001_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (843kB) |
||
Teks
S_PBA_191220001_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (389kB) |
||
Teks
S_PBA_191220001_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (455kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220001_BAB V.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220001_Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku Ilmu Shorof Untuk Pemula ditinjau dari teori William Franses Mackey (seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Hasil yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini adalah buku Ilmu Shorof Untuk Pemula dari kesesuaian dengan KMA 347 tahun 2022, buku ini tidak memenuhi tahap tersebut karena dalam buku ini tidak disebutkan tujuan pembelajaran dikarenakan buku ini memang dibuat khusus untuk pelajar bukan pengajar. Namum nyatanya buku ini banyak digunakan oleh para guru. Dalam tahapan seleksi, buku tersebut terbilang baik karena penyajian materinya sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran siswa, dan waktu dalam menyelasaikan telah disampaiakan oleh penulis buku tersebut, dan kosakata sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa. Dalam tahapan gradasi, materi yang disajikan oleh penulis sangat mudah dipahami karena penyajiannya disusun dari yang mudah sampai ke tingkatan sulit dan jarang digunakan. Tahapan presentasi yang baik dengan menggunakan beberapa media seperti beberapa warna pada peta konsep dan tabel guna mempermudah siswa dalam memahami materi. Tahapan repetisi yang baik karena disajikannya banyak latihan disetiap babnya dan latihan tambahan di akhir buku.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Analisis, Buku, Ilmu Shorof |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Jun 2024 04:44 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jun 2024 04:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14734 |
Actions (login required)
Lihat Item |