Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Cilegon Tirtayasa 2

Anjaningrum, Luciana (2024) Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Cilegon Tirtayasa 2. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420177_COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (947kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (504kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (331kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (471kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_PBS_191420177_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Etika Bisnis Islam merupakan nilai normatif yang didalamnya mengandung norma dan nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan. Etika bisnis islam juga disebut dengan akhlah dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai Islam sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu kekhawatiran karena sudah sebagai sesuatu yang baik dan benar nilai etik, moral, Susila dan akhlaknya. Kualitas pelayanan nasabah merupakan hasil observasi analogi antara harapan nasabah dan kinerja dari nasabah yang diterima, sehingga dapat menjadi wadah dan cara untuk memperkuat koneksi internal antara bank dan nasabah. Perumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah etika bisnis Islam berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Cilegon Tirtayasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap peningkatan kualitas pelayanan nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Cilegon Tirtayasa 2. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, lalu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji heteroskedasitas. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, uji t (parsial), dan uji koefisien korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dari tabel koefisien uji statistik t, nilai t hitung variable etika bisnis Islam (X) sebesar 5,419 sedangkan t tabel sebesar 1,984. Maka dapat diketahui bahwa nilai t hitung < t tabel (5,419 < 1,984) dan nilai sig < taraf sig (0.00 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara etika bisnis Islam terhadap kualitas pelayanan nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Cilegon Tirtayasa 2. Dilihat dari hasil uji koefisien korelasi, etika bisnis Islam memiliki koefisien sebesar 0,768 terletak pada interval koefisien 0,60- 0,799. Hal ini menunjukan bahwa tingkat hubungan etika bisnis Islam terhadap variable kualitas pelayanan nasabah sebesar 76,8% yang berarti kuat. Sisanya 23,2% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, salah satunya adalah strategi bisnis, loyalitas pelanggan, dan customer retention.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): tika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan Nasabah, Bank Syariah, dan Bank Syariah Indonesia (BSI)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Jun 2024 09:31
Perubahan Terakhir: 28 Jun 2024 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.