Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Agama Pada Santri (Studi di Yayasan Madrasah Diniyah Al-Mu’in Cipare Tegal Serang Banten)

Mugnipar, Hawa Syifa (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Agama Pada Santri (Studi di Yayasan Madrasah Diniyah Al-Mu’in Cipare Tegal Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520088_COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (518kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_BKI_191520088_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstrak

Pola asuh orang tua dapat mempengaruhi keefektifan belajar pada anak, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Pola asuh merupakan metode atau cara yang diterapkan orang tua dalam merawat, mendidik dan membimbing anak. Keinginan untuk belajar pada anak biasanya timbul karena adanya suatu dorongan atau motivasi. Motivasi belajar adalah adanya dorongan untuk melakukan kegiatan belajar. Pada dasarnya motivasi belajar dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu motivasi intrinsik yang timbul dari dalam diri individu dan motivasi ekstrinsik yang timbul karena adanya dorongan dari orang lain, contohnya seperti pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Karena biasanya perilaku yang dilakukan oleh orang tua secara langsung ataupun tidak langsung akan dipelajari dan ditiru oleh anak. Oleh karena itu, terdapat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pola asuh orang tua di Madrasah Diniyah Al-Mu‟in, 2) Bagaimana tingkat motivasi belajar agama santri di Madrasah Diniyah Al-Mu‟in, dan 3) Apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada santri di Madrasah Diniyah Al-Mu‟in. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua di madrasah Diniyah, 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar agama pada santri, 3) Untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar agama pada santri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar agama pada santri. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 santri Madrasah Diniyah Al-Mu‟in. Berdasarkan penelitian ini karena jumlahnya kurang dari 100 orang responden, maka peneliti mengambil 100% jumlah populasi yang ada pada Madrasah Diniyah Al-Mu’in yaitu sebanyak 60 santri. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang dilakukan secara langsung atau face to face, yakni dengan menyebar kuesioner atau angket melalui selembaran kertas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien deteminasi (R Square). Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar agama pada santri di Madrasah Diniyah Al-Mu‟in dengan menggunakan uji F, yang dapat dilihat dari perolehan nilai F hitung sebesar 10,727> F table 2,769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dapat dilihat dari nilai koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,365 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 36,5% tingkat pengaruhnya dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Agama
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Jun 2024 08:29
Perubahan Terakhir: 21 Jun 2024 08:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.