Implementasi Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMK YP Fatahillah 2 Cilegon

Imanuddin, Muhamad (2024) Implementasi Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMK YP Fatahillah 2 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210037_Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Lampiran Depan.pdf

Download (533kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Bab I.pdf

Download (513kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (595kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Bab V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_PAI_191210037_Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstrak

Guru sebaiknya menyadari bahwa tidak semua peserta didik menaruh perhatian dan ketertarikan terhadap mata pelajaran dan bahan pelajaran yang sama. Sehingga guru harus berusaha agar peserta didik mempunyai ketertarikan atau minat terhadap materi yang sedang dipelajari baik dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik maupun menggunakan metode dan strategi yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dan minat belajar serta membuktikan apakah penggunaan pengelolaan kelas memeiliki perbedaan terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa adalah suatu proses psikis yang bersifat abstrak yang dinyatakan oleh siswa dalam keadaan belajar, sehingga proses psikis tersebut dapat menimbulkan kecenderungan perasaan terhadap sesuatu, seperti gairah atau keinginan terhadap sesuatu. Dengan pengelolaan kelas yang baik diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experiment, Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan angket. Populasi terdiri dari 116 siswa dan 60 siswa yang dijadikan sampel yaitu kelas XI MPLB yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, didapat nilai rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata sebesar 62,94. Sedangkan minat belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata 59,84. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa, terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam yaitu dengan t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,195 > 2,001. Jadi, kesimpulannya bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap minat belajar siswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan YP Fatahillah 2 Cilegon. Oleh karena itu, guru perlu merancang dan melaksanakan suatu kegiatan belajar yang dapat menciptakan suasana kondusif, yang dapat memberikan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengelolaan Kelas, Minat Belajar, dan Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Jun 2024 04:05
Perubahan Terakhir: 04 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.