Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Frozen Food pada Masyarakat Kecamatan Serang (Studi di Toko Prima Freshmart)

Kafah, Silmi (2024) Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Frozen Food pada Masyarakat Kecamatan Serang (Studi di Toko Prima Freshmart). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_191410133_Cover.pdf

Download (44kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_191410133_Lampiran Depan.pdf

Download (973kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_191410133_BAB I.pdf

Download (527kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_191410133_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (593kB)
[img] Teks
S_ES_191410133_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img] Teks
S_ES_191410133_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_191410133_BAB V.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_191410133_Daftar Pustaka.pdf

Download (490kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Umat Muslim diharuskan mengkonsumsi makanan halal dan thoyyib. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyatakan bahwa Indonesia berpotensi sebagai Pusat Halal Dunia atau World Halal Centre (WHC) yang sangat strategis di pasar Halal Internasional. Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 menegaskan tentang Jaminan Produk Halal (JPH) bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia wajib memiliki sertifikat halal dan label halal. Tercantumnya label halal menjadi salah satu faktor dari minat beli produk. Minat beli adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana label halal dapat berpengaruh terhadap minat beli produk frozen food pada masyarakat Kecamatan Serang dan apakah terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat beli produk frozen food pada masyarakat selain label halal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1).Untuk mengetahui Bagaimana label halal dapat berpengaruh terhadap minat beli produk frozen food pada masyarakat. 2).Untuk mengetahui apakah terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat beli produk frozen food. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berskala likert terhadap 100 responden konsumen toko prima freshmart. Teknik pengambilan sampel dengan cara non probability sampling. Adapun analisis data menggunakan uji instrumen, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, regregsi sederhana dan uji hipotesisi. IBM SPSS 22.0 sebagai alat pengolahan data. Hasil pengujian menunjukkan nilai thitung > ttabel (12,646 > 1,66) dengan nilai signifikan 0,000<0,05, membuktikan H1 diterima yang artinya Label halal berpengaruh terhadap minat beli dan H0 ditolak. Nilai koefisien sebesar 0,787 atau 78,7% dan nilai koefisien determinasi atau R square sebesar 0,620 atau 62% sedangkan sisanya 38% dipengaruhi faktor lain seperti harga, kualitas, pelayanan dan merek.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Label Halal, Keputusan Pembelian
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Mei 2024 04:51
Perubahan Terakhir: 14 Mei 2024 04:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.