Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Intructional Design dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII di MTs Al-Khairiyah Delingseng Kota Cilegon

Oktavia, Dewi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Intructional Design dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII di MTs Al-Khairiyah Delingseng Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210006_Cover.pdf

Download (174kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_Lampiran Depan.pdf

Download (484kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (600kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
S_PAI_191210006_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Permasalahan yang sering terjadi ketika proses kegiatan belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah bagaimana cara pendidik menyampaikan materi serta menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Ketika kegiatan belajar bukan hanya pendidik saja yang menyampaikan ilmunya, namun harus mampu mengajak peserta didik untuk meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan lainnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design, untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara model pembelajaran Meaningful Instructional Design untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Selain itu, ada beberapa manfaat yakni manfaat teoritis yaitu dijadikan sebagai referensi dan informasi serta memberikan pengetahuan mengenai model pembelajaran meaningful instructional design, sedangkan manfaat praktis bagi peneliti sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana, bagi peserta didik yaitu untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan, bagi pendidik sebagai informasi mengenai model pembelajaran meaningful instructional design dan bagi sekolah untuk memberikan ide gagasan mengenai model pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang diterapkan ialah eksperimen, teknik penghimpunan sampel dengan menerapkan purposive sampling. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metodologi Quasi Eksperimental Design yaitu membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design, dan penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Design yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Simpulan penelitian ini, dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel .yaitu t hitung= 7,53 ˃ t tabel= 2,00 pada tingkat signifikansi 5% dan juga t hitung= 7,53 ˃ t tabel= 2,00 pada tingkat signifikansi 1%. Maka, hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti bahwa ada pengaruh model meaningful instructional design dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Al-Khairiyah Delingseng Kota Cilegon.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Meaningful instructional Design, dan Kemampuan Kognitif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2024 03:34
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2024 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.