Pengembangan Bahan Ajar Khat Naskhi untuk Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (Penelitian Pengembangan di SMP Daarul Muttaqien 2 Tangerang)

Saputra, Yoan Rizki (2024) Pengembangan Bahan Ajar Khat Naskhi untuk Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (Penelitian Pengembangan di SMP Daarul Muttaqien 2 Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210091_Cover.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (867kB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Teks
S_PAI_181210091_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik bahan ajar untuk pembelajaran baca tulis Qur’an yang dibutuhkan oleh guru dan siswa; (2) Mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar Khat Naskhi dalam pembelajaran baca tulis Qur’an; dan (3) Mengetahui efektivitas produk bahan ajar Khat Naskhi yang telah dikembangkan. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Karakteristik bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa untuk mengembangkan kemampuan penulisan Qur’an adalah dengan menggunakan buku panduan penulisan khat. (2) Prosedur pengembangan bahan ajar Khat Naskhi dalam pembelajaran baca tulis Qur’an terbentuk dalam buku panduan latihan yang dibuat dengan tampilan yang menarik berukuran A4, didalamnya terdapat contoh goresan teknik penulisan berupa kaidah huruf-huruf tunggal, sambungan, serta komposisi ayat-ayat Al-Qur’an dengan menggunakan gaya Khat Naskhi, kemudian setelahnya disediakan bayangan huruf serta baris baris kosong sebagai media latihan penulisan khat bagi para siswa dengan mengikuti instruksi dari contoh yang telah dibuat. Adapun teknik penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Borg and Gall dengan 7 tahapan, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. (3) Efektivitas Penggunaan bahan ajar Khat Naskhi untuk pembelajaran baca tulis Quran kepada siswa kelas IX SMP Daarul Muttaqien Tangerang, didapatkan hasil penilaian yang dilakukan oleh siswa memperoleh jumlah skor yang berada pada kategori “Sangat Valid”, di samping itu secara kualitatif diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan yang positif dari penerapan bahan ajar Khat Naskhi yang mampu memperbaiki kualitas tulisan siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahan Ajar, Baca Tulis Qur’an, Khat Naskhi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2024 03:13
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2024 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14575

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.