Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dengan Pendekatan Kontekstual

Sukyanah, Siti (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dengan Pendekatan Kontekstual. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240074_Cover.pdf

Download (6MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240074_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240074_Bab I.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240074_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (210kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240074_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240074_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240074_Bab V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240074_Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV pada tema indahnya keragaman di Negeriku subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku melalui pendekatan kotekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model four-D dari Thiagarajan. model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop dan desseminate. Hasil penelitian menunjukan bahwa, modul termasuk dalam kategori valid dalam hitungan PAP (penilaian acuan patokan) dengan skor 90% setelah melakukan revisi oleh validator. Dalam pembelajaran, penggunaan modul mendapatkan penilaian positif dari guru dan menyatakan bahwa modul sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil pembelajaran menggunakan modul, hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya, menjadikan siswa lebih aktif, kelas menjadi kondusif dan belajar siswa lebih terarah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan modul.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): modul, kontekstual, valid
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Mei 2024 03:01
Perubahan Terakhir: 06 Mei 2024 03:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.