Pengembangan Media Flashcard Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri Terate

Isnaeni, Febi (2024) Pengembangan Media Flashcard Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri Terate. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240104_Cover.pdf

Download (302kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_Lampiran Depan.pdf

Download (968kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (853kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240104_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran flashcard materi sumber daya alam dikelas IV SD Negeri Terate, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Terate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) Prosedur pengembangan media pembelajaran flashcard materi sumber daya alam menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). 2) Kelayakan media pembelajaran flashcard materi sumber daya alam. Hasil dari validasi ahli media memperoleh nilai akhir kelayakan sebesar 92,72% dengan kategori “Sangat Layak”. Ahli materi memperoleh nilai akhir mencapai sebesar 94,54% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran flashcard bisa dikatakan sangat layak untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Media Flashcard, Berpikir Kreatif, IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 03:45
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 03:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.