Pengaruh Perkembangan E-commerce dan Fintech terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 2018-2022 dalam Perspektif Ekonomi Islam

Vionita, Okta (2024) Pengaruh Perkembangan E-commerce dan Fintech terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 2018-2022 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_181410163_Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_181410163_BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (558kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (647kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_ES_181410163_Daftar Pustaka.pdf

Download (795kB)

Abstrak

Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi indikator penting untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara dalam periode tertentu. Peningkatan nilai PDB menjadi tujuan utama suatu negara untuk mengembangkan perekonomiannya, dengan mengupayakan sumber daya yang dimiliki salah satunya teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menciptakan inovasi ekonomi berbasis internet seperti e-commerce dan fintech. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana pengaruh perkembangan e-commerce terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)? 2). Bagaimana pengaruh perkembangan fintech terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)? 3). Bagaimana pengaruh perkembangan e-commerce dan fintech terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)? Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis pengaruh e-commerce terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode 2018 - 2022. 2). Menganalisis pengaruh fintech terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode 2018 – 2022. 3). Menganalisis pengaruh e-commerce dan fintech terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode 2018 – 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data sekunder berupa data nilai transaksi dan jumlah pengguna sebagai indikator perkembangan e-commerce, serta data dana pinjaman dan peminjam dana sebagai indikator perkembangan fintech. Adapun analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda dengan pendekatan Error Correction Model (ECM), Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan e-commerce yang diwakili oleh variabel nilai transaksi dan jumlah pengguna e-commerce secara simultan berpengaruh signifikan terhadap PDB berdasarkan nilai probabilitas f-statistik sebesar 0,0203 < 0,05 dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang sebesar 0,000026 < 0,05. Perkembangan fintech yang diwakili oleh variabel jumlah dana pinjaman dan peminjam dana fintech secara simultan berpengaruh signifikan terhadap PDB berdasarkan nilai probabilitas f-statistik dalam jangka pendek sebesar 0,0360 < 0,05 dan dalam jangka panjang sebesar 0,000008 < 0,05. Kemudian hasil penelitian juga menunjukan e-commerce dan fintech secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap PDB berdasarkan nilai probabilitas f-statistik sebesar 0,000028 < 0,05 serta nilai F-hitung sebesar 15,922 lebih besar dari F-tabel sebesar 5,857.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): E-commerce, Fintech, Produk Domestik Bruto (PDB), Error Correction Model (ECM)
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Apr 2024 09:03
Perubahan Terakhir: 26 Apr 2024 09:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.