Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Iklan Gojek “Cari Kebaikan” Melalui Youtube

Basral, Akmal Nasri (2024) Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Iklan Gojek “Cari Kebaikan” Melalui Youtube. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510062_Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (170kB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (955kB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_KPI_191510062_Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia yang berfokus pada penyediaan beragam layanan jasa, yang mencakup lebih dari 20 fitur layanan. Sebagai salah satu startup terkemuka di Indonesia, Gojek aktif berpartisipasi dalam perayaan bulan Ramadan setiap tahunnya dengan menghasilkan sebuah iklan yang disiarkan melalui berbagai saluran media, termasuk televisi dan platform media sosial seperti YouTube. Dalam iklan tersebut, Gojek seringkali menggabungkan elemen-elemen keislaman atau pesan dakwah dalam setiap scenenya. Hal ini dilakukan agar menarik minat masyarakat untuk tetap menggunakan berbagai fitur Gojek selama bulan Ramadhan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti mengajukan sebuah pertanyaan, yaitu apa saja pesan pesan dakwah yang terdapat pada iklan Gojek Cari Kebaikan, Apa Faktor Pendukung dan Penghambat dari iklan Gojek Cari Kebaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis isi Krippendorf, pengumpulan data, Observasi dan dokumentasi berupa tangkapan layar, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis yang peneliti lakukan mengenai pesan dakwah dalam iklan Gojek “Cari Kebaikan” Melalui Youtube, ditemukan beberapa pesan dakwah yang terkandung di dalamnya yaitu: Menjaga kebersihan, Berbagi hidangan untuk berbuka puasa, Berbagi dengan anak yatim, Berbagi hadiah, Berbuat baik kepada Orang tua.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gojek, Iklan, Pesan Dakwah, Youtube
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Apr 2024 03:11
Perubahan Terakhir: 19 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.