Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Fathul Adzmi dalam Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris pada Santri

Lufian, Lufian (2024) Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Fathul Adzmi dalam Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris pada Santri. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_171330098_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (132kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (719kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_KPI_171330098_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Setiap santri memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris yang berbeda-beda, terutama pada santri yang baru masuk pondok pesantren. Dilihat dari latar belakang para santri sebelum masuk pondok pesantren, para santri berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan tidak semua santri pernah menggunakan bahasa Arab dan Inggris di lingkungannya. Pondok Pesantren Fathul Adzmi sebagai sebuah lembaga pendidikan memiliki peran penting agar dapat mendisiplinkan para santrinya untuk dapat menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Dalam menerapkan penggunaan bahasa Arab dan Inggris tersebut diperlukan penerapan strategi komunikasi yang sesuai, sebagai serangkaian kegiatan yang mengarahkan pada upaya terwujudnya santri yang mampu menggunakan bahasa Arab dan Inggris dengan baik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Fathul Adzmi dalam menerapkan penggunaan bahasa Arab dan Inggris pada santri. 2) Untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi di Pondok Pesantren Fathul Adzmi untuk menerapkan penggunaan bahasa Arab dan Inggris pada santri. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan pengunaan bahasa Arab dan Inggris pada santri di Pondok Pesantren Fathul Adzmi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk membantu proses penyelesaian penelitian ini, yaitu berupa data primer dan data sekunder. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Fathul Adzmi dalam menerapkan penggunaan bahasa Arab dan Inggris pada santri, yaitu Pertama, Mengenali sasaran komunikasi. Kedua, Melakukan pemilihan media komunikasi, yaitu yang terdiri dari media tulisan atau cetak, media visual, dan media audio. Ketiga, Melakukan pengkajian tujuan pesan komunikasi. Keempat, Mengutamakan peranan komunikator dalam komunikasi. Adapun proses komunikasi yang terjadi, yaitu proses komunikasi secara primer dan sekunder. Dalam menerapkan penggunaan bahasa Arab dan Inggris pada santri walaupun masih terdapat beberapa faktor penghambat, akan tetapi dapat diminimalisir dengan terdapatnya beberapa faktor pendukung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Pondok Pesantren, Bahasa, Santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2024 08:14
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2024 08:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14485

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.