Studi Analisis Makna Lagu Urang ka Baduy Karya Tegar Gunawan dalam Mempromosikan Baduy di Banten (Kajian Semiotika Ferdinand de Saussure)

Bagaskara, Diar (2024) Studi Analisis Makna Lagu Urang ka Baduy Karya Tegar Gunawan dalam Mempromosikan Baduy di Banten (Kajian Semiotika Ferdinand de Saussure). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510044_Cover.pdf

Download (209kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_Lampiran Depan.pdf

Download (848kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (322kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (237kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (714kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_191510044_Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstrak

Sebuah lagu tidak hanya memberikan hiburan saja kepada masyarakat pendengarnya, melainkan terdapat makna dan pesan-pesan di setiap liriknya yang sangat berarti. Musik merupakan salah satu media ungkapan dan media untuk menyampaikan sebuah pesan yang di dalamnya terdapat norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya Masyarakat. Semiotik merupakan ilmu yang memperlajari tentang tanda. Studi mengenai tanda dan segala yang berhubungan dengannya, cara berfungsinya, kaitan dengan tanda lainnya, pengiriman dan penerimaannya dan oleh mereka yang menngunakannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu :1) Bagaimana Lagu Urang ka Baduy karya Tegar Gunawan dalam perspektif Ferdinand de Saussure? 2). Bagaimana Langue (Fakta Sosial) dalam perspektif Ferdinand de Saussure? dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu Urang ka Baduy karya Tegar Gunawan dalam perspektif Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunkana metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dan teknik pengumpulan data pada penelitin ini adalah dengan melalui wawancara, dokumen, data sekunder dan primer. Penelitian ini juga memiliki tujuan utama untuk mendeskripsikan pesan serta makna yang terkandung dalam sebuah objek penelitian yang sudah terpilih, yaitu lagu Urang ka Baduy karya Tegar Gunawan yang menurut peneliti memiliki banyak makna dan pesan di dalamnya. Lagu ini sendiri memiliki arti secara keseluruhan menceritakan kehidupan suku Baduy dan kearifan lokal serta budaya di dalamnya. Selain itu juga terdapat sebuah amanat mengenai tentang menjaga alam dan budaya yang di berikan oleh sesepuh suku baduy, kepada masyarakat baduy itu sendiri maupun kepada masyarakat luar. Untuk memahami makna dan pesan yang ada didalam objek penelitian, maka peneliti menggunakan kajian teori milik Ferdinand de Saussure sebagai pisau analisis teks atau liriknya yang membahas secara menyeluruh mengenai tanda (sign) dan penanda (signified). Hal ini di karenakan teori Ferdinand de Saussure sejalan dan sesuai dengan objek penelitian. Dari hasil penelitin ini dapat di simpulkan bahwa lagu Urang ka Baduy memiliki bentuk penyampaian sebuah pesan. Lagu tersebut di gunakan sebagai salah satu media untuk memberikan pemahaman kepada Masyarakat untuk tetap saling menjaga segala sesuatu yang di berikan Tuhan kepada manusia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Musik, Semiotika, Petanda & Tanda
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2024 02:51
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2024 02:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.