Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Pemahaman Pendidikan Pancasila untuk Siswa Tunagrahita Kelas V SD Bani Daud Al-Islami

Masfufah, Ulfah (2024) Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Pemahaman Pendidikan Pancasila untuk Siswa Tunagrahita Kelas V SD Bani Daud Al-Islami. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240029_Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (766kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (694kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240029_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Dalam penelitian ini penulis menggunakan Research and Development (R&D) dengan modifikasi model ADDIE yang dilakukan hingga ke lima, adapun langkah – langkah tersebut sebagai berikut : (1) Analisis dimana peneliti melakukan analisis di kelas V dengan melakukan tahapan wawancara dengan wali kelas V, (2) Desain yaitu tahapan yang bertujuan menghasilkan suatu rancangan media yang kemudian dikembangkan, (3) Pengembangan yaitu dimana tahapan ini untuk menghasilkan sebuah bentuk akhir media pembelajaran kemudian peneliti melakukan validasi sebagai dasar untuk melakukan revisi, (4) Implementasi yaitu sebuah kegiatan yang menggunakan produk dimana pada tahapan ini hasil pengembangan bisa diterapkan dalam pembelajaran untuk mengetahui dan menguji kualitas dari segi materi dan media, dan (5) Evaluasi yaitu tahapan yang dinilai oleh validator bahwa media Flashcard sangat layak digunakan. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media Flashcard untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Pancasila. Pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Data yang diperoleh 1) validasi media Flashcard mendapatkan skor 95% dengan kategori “sangat Layak”, 2) validasi materi mendapatkan skor 92,5% dengan kategori “sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi guru kelas V 97,5% dengan kategori “Sangat Layak” selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 4 siswa tunagrahita dengan nilai rata-rata 97% dengan kategori “Sangat Baik”. Dan hasil respon siswa mencapai 97% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flashcard untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Pancasila untuk siswa tunagrahita di kelas V SD Bani Daud Al-Islami.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Flashcard, Pendidikan Pancasila
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2024 06:11
Perubahan Terakhir: 05 Apr 2024 06:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.