Masfufah, Ulfah (2024) Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Pemahaman Pendidikan Pancasila untuk Siswa Tunagrahita Kelas V SD Bani Daud Al-Islami. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240029_Cover.pdf Download (202kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240029_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240029_BAB I.pdf Download (508kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240029_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (766kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240029_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (472kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240029_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (694kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240029_BAB V.pdf Download (290kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240029_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dalam penelitian ini penulis menggunakan Research and Development (R&D) dengan modifikasi model ADDIE yang dilakukan hingga ke lima, adapun langkah – langkah tersebut sebagai berikut : (1) Analisis dimana peneliti melakukan analisis di kelas V dengan melakukan tahapan wawancara dengan wali kelas V, (2) Desain yaitu tahapan yang bertujuan menghasilkan suatu rancangan media yang kemudian dikembangkan, (3) Pengembangan yaitu dimana tahapan ini untuk menghasilkan sebuah bentuk akhir media pembelajaran kemudian peneliti melakukan validasi sebagai dasar untuk melakukan revisi, (4) Implementasi yaitu sebuah kegiatan yang menggunakan produk dimana pada tahapan ini hasil pengembangan bisa diterapkan dalam pembelajaran untuk mengetahui dan menguji kualitas dari segi materi dan media, dan (5) Evaluasi yaitu tahapan yang dinilai oleh validator bahwa media Flashcard sangat layak digunakan. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media Flashcard untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Pancasila. Pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Data yang diperoleh 1) validasi media Flashcard mendapatkan skor 95% dengan kategori “sangat Layak”, 2) validasi materi mendapatkan skor 92,5% dengan kategori “sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi guru kelas V 97,5% dengan kategori “Sangat Layak” selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 4 siswa tunagrahita dengan nilai rata-rata 97% dengan kategori “Sangat Baik”. Dan hasil respon siswa mencapai 97% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flashcard untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Pancasila untuk siswa tunagrahita di kelas V SD Bani Daud Al-Islami.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Flashcard, Pendidikan Pancasila |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2024 06:11 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2024 06:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14462 |
Actions (login required)
Lihat Item |