Pengembangan Masyarakat Melalui Inovasi Olahan Produk Makanan dari Daun Kelor (Studi di Paguyuban Karya Salemba Empat, Lingkungan Kaloran Desa Kelurahan Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten)

Nurhayati, Siti (2024) Pengembangan Masyarakat Melalui Inovasi Olahan Produk Makanan dari Daun Kelor (Studi di Paguyuban Karya Salemba Empat, Lingkungan Kaloran Desa Kelurahan Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191720016_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Lampiran Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Bab I.pdf

Download (406kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Bab V.pdf

Download (289kB)
[img] Teks
S_PMI_191720016_Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstrak

 Tulisan ini mengkaji tentang pemberdayaan pengembangan UMKM stik kelor di Lingkungan Kaloran Desa untuk meningkatkan ekonomi kreatif mereka melalui pembuatan stik dari daun kelor. Pada tulisan ini dipaparkan berbagai tujuan, yaitu: 1) Memfasilitasi kegiatan pembuatan stik kelor yang dibuat oleh ibu-ibu kreatif di Lingkungan Kaloran Desa, 2) Mengedukasi masyarakat sekitar Lingkungan Kaloran Desa tentang pentingnya merawat tanaman kelor, dan pengolahannya dengan baik sehingga menjadi stik kelor, 3) Ibu-ibu kreatif dan masyarakat mampu memanfaatkan tanaman kelor menjadi produk stik kelor. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan peneltian yang menggambarkan apa yang terjadi di Lingkungan Kaloran Desa sesuai dengan realita yang sebenarnya. Dan didukung juga dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan ini guna memperoleh kajian teoretis yang kuat. Metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan pada pemaparan diatas, maka keluaran dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: 1) Meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pembuatan stik kelor di Lingkungan Kaloran Desa, 2) Masyarakat mampu merawat tanaman kelor, dan pengolahannya dengan baik menjadi produk stik kelor, 3) Ibu-ibu kreatif dan masyarakat mampu memanfaatkan tanaman kelor menjadi produk stik kelor. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwasanya program pemberdayaan ini berhasil meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang merawat, memanfaatkan daun kelor dan pengelaolaannya serta mereka juga memiliki keterampilan praktis dalam membuat stik kelor. Lebih dari itu masyarakat yang telah mengikuti program ini pun telah membawa perubahan positif dalam lingkungan sekitar mereka. Mereka menjadi agen perubahan dalam pengelolaan daun kelor, yang bermanfaat dan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selain membawa perubahan positif, program ini membantu membentuk karakter masyarakat melalui contoh yang baik dan mendukung perkembangan empati. Mereka belajar tentang nilai-nilai penting seperti kebersihan, kreativitas, dan tanggung jawab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Kreativitas, Daun Kelor
Subjek: 600 Teknologi > 640 Rumah & manajemen keluarga > 641 Makanan & minuman
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2024 07:32
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.