Peran Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara (Speech Delay) di RA Al-Ijtimaiyah Kota Cilegon

Desmayanti, Fitri (2024) Peran Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara (Speech Delay) di RA Al-Ijtimaiyah Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260063_Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_Lampiran Depan.pdf

Download (454kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (276kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (416kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260063_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan bahasa pada anak usia dini yang mengalami keterlambatan bicara (Speech Delay). Penelitian ini dilakukan di RA AL-Ijtimaiyah Kota Cilegon. Jenis penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun informan penelitian meliputi: Kepala Sekolah, Guru dan Wali Murid. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan bahasa pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (Speech delay) itu sudah berjalan dengan baik. Karena guru sebagai pembimbing, fasilitator, pendidik, pengajar, dan sumber belajar. Metode yang digunakan guru dalam menangani anak dengan keterlambatan bicara adalah dengan metode bercerita, bernyanyi dan kegiatan praktik. Solusi guru dalam mengembangkan bahasa pada anak yang mengalami keterlambatan bicara yaitu mengajak anak untuk banyak mengeksplor area sekolah dan bermain di area playground, ajak anak untuk bercerita tentang kesehariannya dirumah, mengenalkan kosakata baru kepada anak dengan menggunakan metode bernyanyi dan mengajak anak untuk membaca buku bersama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru, Perkembangan Bahasa, Keterlambatan Bicara (Speech Delay)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2024 06:48
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 06:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.