Peran Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Menyejahterakan Masyarakat (Studi Kasus Desa Jengkol Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang)

Liani, Lis Sri (2024) Peran Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Menyejahterakan Masyarakat (Studi Kasus Desa Jengkol Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530070_Cover.pdf

Download (242kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_Lampiran Depan.pdf

Download (681kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (208kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (264kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PMI_191530070_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstrak

Program Keluarga Harapan sebagai program Dinas Sosial memiliki peran yang sangat penting karena Desa Jengkol berada di wilayah perbatasan antara daerah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang di mana daerah ini sering kali tidak terjangkau oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui perlindungan sosial yang dilakukan oleh Dinas Sosial di Desa Jengkol Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. 2) Mengetahui peran Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dalam pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan di Desa Jengkol Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Program Keluarga Harapan di Desa Jengkol Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kualitatif yang dimaksud penulis di sini adalah sumber data yang berasal dari sumber data primer atau data utama yaitu pihak Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dan sumber data sekunder atau sumber data pendukung yang berasal dari buku dan sumber lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Proses Perlindungan Sosial pada Kegiatan Program Keluarga Harapan yaitu: Seleksi calon penerima manfaat PKH, Validasi data KPM, Pendampingan KPM, Pemberian modal usaha, Evaluasi PKH, Terminasi. 2) Indikator peran yang digunakan ialah peran fasilitatif, peran edukasi, peran representasi, peran teknis. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program PKH yaitu, adanya dukungan dari pemerintah ini merupakan aspek penting untuk alokasi anggaran yang memadai. Faktor penghambat dalam pelaksanaa pemberdayaan program PKH adalah kurangnya dukungan dari daerah, faktor geografis dan faktor kultur (Budaya).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Perlindungan Sosial, Program Keluarga Harapan (PKH)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Masyarakat
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Apr 2024 04:07
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.