Konseling Individual dengan Teknik Self Management pada Remaja Akhir yang Mengalami Kecanduan Judi Online (Studi Program Studi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Hafizh, Haidar (2024) Konseling Individual dengan Teknik Self Management pada Remaja Akhir yang Mengalami Kecanduan Judi Online (Studi Program Studi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520136 _COVER.pdf

Download (296kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (241kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (523kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_BKI_191520136 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Kecanduan adalah kondisi dimana seseorang merasa didorong untuk menggunakan atau melibatkan diri dalam suatu aktivitas tertentu dengan tujuan mendapatkan kenikmatan dari hasil yang diperoleh dari aktivitas tersebut. Sementara itu, ketergantungan pada perjudian online adalah suatu gejala yang dapat diidentifikasi dengan penggunaan waktu dan uang yang berlebihan dalam bermain perjudian dan ketidakmampuan untuk mengendalikan diri saat berjudi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran umum remaja akhir yang kecanduan judi online? 2) Bagaimana penerapan layanan konseling individu dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku kecanduan judi online pada remaja akhir? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendapatkan gambaran umum remaja akhir yang kecanduan judi online. 2) Untuk mengetahui bagaimana layanan konseling individual menggunakan teknik self management digunakan dalam mengatasi kecanduan judi online pada remaja akhir. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ialah usia produktifyang berusia 18-21 tahun dengan jumlah klien sebanyak tiga orang yaitu HP, TOM dan PB yang dipilih melalui proses asesmen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara. proses asesmen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulansebagai berikut: Proses Penerapan konseling individual dengan teknik self management pada remaja akhir yang mengalami kecanduan judi online di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Program Studi Bimbingan Konseling Islam yaitu HP, TOM, dan PB. Dilakukan melalui empat kali pertemuan konseling. Tahap konseling terdiri dari pertemuan pertama membangun sebuah hubungan antara konselor dengan klien, pertemuan kedua dan ketiga memasuki tahap self management dengan melakukan self monitoring, stimulus control bertujuan mengurangi kecanduan judi online, pertemuan keempat melakukan evaluasi terhadap klien dan memberikan self reward terhadap proses konseling. Kedua, setelah melaksanakan penerapan teknik self management selama empat kali tahap pertemuan terhadap klien HP, TOM, dan PB mulai mengurangi kebiasaan buruk serta mengurangi dalam melakukan permainan judi online.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Indivual, Self Management, Remaja Akhir, Kecanduan Judi Online
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2024 07:09
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2024 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.