Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dengan Perilaku Beragama Siswa (Studi di MTs Al-Fathaniyyah Kota Serang)

Nurrasyidah, Miftahul (2024) Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dengan Perilaku Beragama Siswa (Studi di MTs Al-Fathaniyyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210087_Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_Lampiran Depan.pdf

Download (519kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (256kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Teks
S_PAI_191210087_Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis keaktifan siswa MTs Al-Fathaniyyah dalam kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna. 2) Untuk menjelaskan perilaku beragama siswa MTs Al-Fathaniyyah. 3) Untuk menganalisis seberapa besar hubungan antara keaktifan siswa dalam kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan perilaku beragama siswa di MTs Al-Fathaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif kuantitatif korelasi. Teknik pengambilan datanya menggunakan angket dan observasi. Adapun teknik pengambilan data sampel menggunakan Random Sampling, mengambil 60 siswa sebagai sampel dengan rincian 20 siswa kelas 7, 20 siswa kelas 8 dan 20 siswa kelas 9 dari seluruh populasi siswa MTs Al-Fathaniyyah Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, nilai keaktifan siswa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna siswa yang menjadi sampel adalah 2247, dengan nilai jumlah rata-rata 74,9. Nilai tertinggi adalah 60 dan nilai terendah 30. Berdasarkan tabel kategorisasi angket, dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Al-Fathaniyyah Kota Serang dinyatakan tinggi. Kedua, total angket perilaku beragama siswa yang menjadi sampel adalah 7623, dengan nilai rata-rata 84,7. Siswa dengan nilai tertinggi adalah dengan nilai 149 sedangkan siswa dengan nilai terendah adalah dengan nilai 100. Ketiga dari hasil perhitungan uji korelasi, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Diperoleh juga angka koefisien korelasi 0,538 yang artinya tingkat kekuatan hubungannya adalah hubungan yang kuat. Karena angka koefisian korelasi diatas bernilai positif, maka arah hubungan variabelnya adalah positif. Semakin tinggi keaktifan siswa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna maka semakin tinggi perilaku beragama siswa begitupun juga sebaliknya, semakin rendah keaktifan siswa dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna semakin rendah pula perilaku beragama siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): keaktifan Siswa, Asmaul Husna, perilaku beragama siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Mar 2024 07:39
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.