Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Andriyana, Andriyana (2024) Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_192610038_COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (945kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
T_PAI_192610038_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan metode pembelajaran aktif index card match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. 2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran aktif index card match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. 3) Terdapat pengaruh bersama antara antara penerapan pendekatan saintifik dan penggunaan metode pembelajaran index card match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Subulussalam Kresek Kab. Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (Nonequivalent Control Grup Design).Populasi terjangkau adalah seluruh siswa MTs Subulussalam Kresek sebanyak 164 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data variabel pendekatan saintifik dan metode pembelajaran aktif index card match terhadap motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket. Pengujian normalitas data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (X2). Uji homogentitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakaan uji varians. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa responden kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 79,83%, sedangkan kelas kontrol 61,67%. Dapat dikatakan bahwa nilai pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan saintifik dan metode pembelajaran aktif index card match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Subulussalam Kresek Kab. Tangerang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Saintifik, Metode Index Card Match, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Mar 2024 03:20
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2024 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.