Pengaruh Penerapan Metode Yanbu’a dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Baca Al-Qur’an (Studi di MTs. Nurul Huda Baros Kab. Serang)

Rinaldi, Rinaldi (2024) Pengaruh Penerapan Metode Yanbu’a dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Baca Al-Qur’an (Studi di MTs. Nurul Huda Baros Kab. Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_192610046_COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Teks
S_PAI_192610046_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610046_BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Teks
T_PAI_192610046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (945kB)
[img] Teks
T_PAI_192610046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
T_PAI_192610046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_192610046_BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Teks
S_PAI_192610046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Membaca Al-Qur’an merupakan pekerjaan utama yang mempunyai berbagai keistimewaan dan keutamaan. Namun, pada realitanya belum semua umat Islam mampu membaca Al-Qur’an. Keterbatasan ilmu untuk mempelajari Al-Qur’an semakin menambah permasalahan bagi umat Islam untuk mempelajari ilmu-ilmu yang terkandung didalamnya. Kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an dan keterbatasan ilmu tersebut dapat menurunkan semangat umat islam untuk mempelajari lebih dalam tentang isi Al-Qur’an maupun tata bahasanya. Sehingga, mampu membaca Al- Qur’an adalah syarat mutlak untuk dapat mempelajari lebih dalam tentang Al -Qur’an. Selain itu, umat Islam bahkan dituntut untuk mampu menulis arab dengan baik dan benar. Maka perlu adanya upaya untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan tata cara baca dan tulis Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Menurut Sugiyono “Metode eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali”. Menurut Syaodih, “Penelitian eksperimen merupakan pendekatan penelitian kuantitatif yang paling penuh, dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungansebab-akibat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. dengan populasi target seluruh kelas VII MTs Nurul Huda Baros Kab. Serang dan sampel yang digunakan ialah kelas VII A dan kelas VII B Simpulannya Karena terhitung berada di daerah penerimaan Ha maka Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Yanbu’a dan motivasi belajar terhadap peningkatan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Metode Yanbu’a, Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur’an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 13 Mar 2024 07:45
Perubahan Terakhir: 15 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.