Penerapan Bimbingan Kelompok Dalam Memberikan Pemahaman Toxic Parents Pada Ibu Muda (Studi di Kampung Ciloang, Sumurpecung, Kota Serang)

Luthfiyah, Khansa (2024) Penerapan Bimbingan Kelompok Dalam Memberikan Pemahaman Toxic Parents Pada Ibu Muda (Studi di Kampung Ciloang, Sumurpecung, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520173_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (848kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (377kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_BKI_191520173_Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)

Abstrak

Peneliti menemukan beberapa fenomena yang berhubungan dengan terjadinya toxic parents ini. Diantaranya adalah fenomena dimana banyak sekali yang memilih untuk menikah muda tanpa memiliki persiapan yang matang, fenomena lain seperti adanya kasus kehamilan sebelum melakukan pernikahan dan beberapa tindakan toxic parents dilakukan tanpa sadar oleh orangtua muda dikarenakan kurangnya pemahaman akan toxic parents. Oleh karena itu, peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok untuk memberikan pemahaman toxic parents pada ibu muda di kampung ini. Rumusan masalah penelitian ini terdiri dari; Bagaimana pemahaman ibu muda di Kampung Ciloang tentang toxic parents sebelum diberikan layanan? Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dalam memberikan pemahaman toxic parents pada ibu muda di Kampung Ciloang? Bagaimana pemahaman pada ibu muda di Kampung Ciloang tentang toxic parents setelah diberikan layanan? Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman ibu muda di kampung Ciloang tentang toxic parents sebelum diberikan layanan, mengetahui penerapan bimbingan kelompok dalam memberikan pemahaman toxic parents pada ibu muda di kampung Ciloang dan untuk mengetahui pemahaman toxic parents pada ibu muda di kampung Ciloang setelah diberikan layanan. Jenis penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan; (1) Pemahaman ibu muda di Kampung Ciloang tentang toxic parents masih termasuk dalam level rendah dikarenakan masih melakukan tindakan toxict parents tanpa mereka sadari; (2) Penerapan bimbingan kelompok dilakukan dengan cara mengumpulkan ibu muda di pendopo, kegiatan ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan topik toxic parents; (3) Pemahaman ibu muda tentang toxic parents setelah diberikan layanan bimbingan kelompok sudah lebih tinggi karena dari pengakuan mereka sendiri pada saat akhir sesi pertemuan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman Toxic parents, Bimbingan Kelompok, Ibu Muda
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Mar 2024 07:01
Perubahan Terakhir: 13 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.