PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS GENDER PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang)

ALISKA, LIN (2017) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KELAS GENDER PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
KEASLIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (275kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (390kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (500kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB 5 .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakanggi oleh adanya perbedaan antara laki-laki dengan perempuan salah satunya adalah perbedaan dalam prestasi belajar. Dengan adanya sistem kelas berdasarkan gender diharapkan dapat meminimalisir perbedaan prestasi belajar siswa, karena penerapan sistem kelas berdasarkan gender ini, dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya denga baik, sehingga memiliki prestasi belajar yang baik pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? 3) Apakah ada perbandingan prestasi belajar siswa antara kelas laki-laki dengan kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas laki-laki pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang, 3) Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang. Dan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dan sumber informasi terutama mengenai perbedaan prestasi belajar siswa berdasarkan kelas gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif, populasi penelitiannya adalah sebanyak 82 siswa dengan mengambil sampel keseluruhan dari populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis komparatif dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t0 sebesar 1,76 dan ttabel sebesar 1,99 dengan df 80 dan taraf signifikansi 5% maka apabila t0 lebih kecil daripada ttabel (1,76 < 1,99), berarti menerima H0 dan menolak Ha, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas laki-laki dengan siswa kelas perempuan pada mata pelajaran fikih di MTs Daar Al-Ilmi Kota Serang tahun ajaran 2016-2017.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PRESTASI BELAJAR; KELAS GENDER
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 22 Des 2017 08:39
Perubahan Terakhir: 22 Des 2017 08:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.