Lutfah, Lutfah (2024) Pengaruh Media Papan Tempel Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keberagaman Budaya di Indonesia Kelas IV MI Ashabul Maimanah Sampang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240039_Cover.pdf Download (124kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240039_Lampiran Depan.pdf Download (859kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240039_BAB I.pdf Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240039_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (551kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240039_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (508kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240039_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (640kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240039_BAB V.pdf Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240039_Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dari perkembangan siswa melalui metode pembelajaran papan tempel dan mengetahui peran media tersebut untuk kondusifitas pembelajaran pada bidang pengenalan budaya Banten pada Bahasa Indonesia di MI Ashabul Maimanah. Pada penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana, dimana metode ini digunakan adalah untuk mengetahui pengaruh papan tempel terhadap pembelajaran budaya Banten. Sumber data penelitian berasal dari hasil pre test, post test, dan dokumentasi di MI Ashabul Maimanah. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 20 responden mengunakan teknik total sampling (pengambilan sempel secara keseluruhan atau seluruh sempel digunakan), dan pengolahan data mengunakan alat analisis SPSS Version 25.0 For Windows. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa papan tempel memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa dan penerapan media papan tempel dapat membangkitkan keceriaan dan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam hal budaya Banten, sehingga siswa memiliki motivasi lebih untuk belajar, hal ini terlihat dari skor rata-rata yang diperoleh siswa sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) lebih rendah daripada skor rata-rata yang diperoleh siswa sesudah mendapatkan perlakuan (post-test). Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukan bahwa dengan menggunakan media papan tempel lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil rata-rata pretest sebesar 25.72 < hasil nilai rata-rata post test sebesar 46.00.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Papan Tempel, Media Pembelajaran, Siswa, Budaya |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 23 Feb 2024 09:12 |
Perubahan Terakhir: | 23 Feb 2024 09:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14190 |
Actions (login required)
Lihat Item |