Penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk Mengurangi Kecanduan Menonton Drama Korea pada Ibu Rumah Tangga

Lestari, Okta Yudia (2024) Penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk Mengurangi Kecanduan Menonton Drama Korea pada Ibu Rumah Tangga. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520126_Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_Lampiran Depan.pdf

Download (498kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (159kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_BKI_181520126_Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstrak

Beberapa ibu rumah tangga di Ds. Pesanggrahan Walantaka mengalami suatu masalah yaitu kecanduan menonton drama Korea, yang memunculkan perilaku mudah marah, tidak mampu mengatur emosi serta perubahan suasana hati yang sangat cepat dan kondisi psikologis lainnya seperti marah karena hal sepele, sering mendiamkan orang sekitar, menyalahkan diri sendiri dan sebegainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaiaman kondisi psikologis ibu rumah tangga yang mengalami kecanduan menonton drama Korea? 2) bagaimana penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk mengurangi kecanduan menonton drama Korea pada ibu rumah tangga? 3) bagaimana hasil penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk mengurangi kecanduan menonton drama Korea pada ibu rumah tangga?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kondisi psikologis ibu rumah tangga yang mengalami kecanduan menonton drama Korea. 2) untuk mengetahui penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam mengurangi kecanduan menonton drama Korea pada ibu rumah tangga. 3) dan untuk mengetahui hasil penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam mengurangi kecanduan menonton drama Korea pada ibu rumah tangga. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancaara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian kualitatif deskriptif peneliti menekankan kepada pendeskripsian suatu objek, fenomena atau setting sosial yang disajikan dalam bentuk tulisan yang bersifat narrative. Penelitian ini dilakukan di Ds. Pesanggrahan Walantaka Kota. Serang. Banten. Adapun ketiga responden tersebut adalah RR, T dan MC. Hasil penelitian terhadap ibu rumah tangga yang mengalami kecanduan menonton drama Korea menggunakan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) adalah menghilangnya beberapa gejala kecanduan pada ibu rumah tangga seperti: melalaikan hal penting, terganggunya hubungan dengan orang sekitar dan cenderung mudah marah jika perilakunya di tegor oleh orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Kecanduan, Drama Korea, Ibu Rumah Tangga, Konseling
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 08:11
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.