Bimbingan Melalui Psikoterapi Islam dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Pendaki Gunung (Studi di Komunitas Ufuk Negri Adventure)

Muhtadi, Muhtadi (2024) Bimbingan Melalui Psikoterapi Islam dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Pendaki Gunung (Studi di Komunitas Ufuk Negri Adventure). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520151_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_Lampiran Depan.pdf

Download (506kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Teks
S_BKI_181520151_Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB)

Abstrak

Dalam melakukan kegiatan mendaki gunung, pendaki gunung pemula terkadang mengalami hambatan dalam menyelesaikan pendakiannya. Hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya perasaan khawatir dan takut mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan dari ketidakmampuan diri dalam mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman, ketidakstabilan emosi dan tekanan terhadap aktivitas pendakian gunung. Sehingga hal ini berdampak pada kondisi psikologis dan ketenangan jiwa pendaki. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi psikologis pendaki gunung? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada pendaki gunung? 3) Bagaimana hasil pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada pendaki gunung? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi psikologis pendaki gunug. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada pendaki gunung. 3) Untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada pendaki gunung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk medeskripsikan suatu fakta, gejala, peristiwa serta fenomena realita yang ada pada pendaki gunung di komunitas ufuk negri adventure. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah obsevasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2021 hingga Februari 2022. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi psikologis yang dialami pendaki gunung pemula di Komunitas Ufuk Negeri Adventure yaitu mudah merasa cemas. 2) Pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam ini menggunakan tiga tahapan dengan beberapa bentuk terapi yang cocok diterapkan untuk menunjang keberhasilan dalam membimbing dan mengentaskan masalah pendaki. Beberapa bentuk terapi tersebut ialah terapi shalat, dzikir, baca Al-Quran dan doa. 3) Hasil dari pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara kondisi psikologis sebelum dan sesudah melaksanakan bimbingan melalui psikoterapi Islam. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi Islam dapat meningkatkan ketenangan jiwa para pendaki yang mengalami permasalahan pada kondisi psikologis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): bimbingan, psikoterapi Islam, ketenangan jiwa, kondisi psikologis, pendaki gunung
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 07:30
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.