Nisa, Faridatun (2024) تطبيق المنهج التعلّم الحرّ لمادة اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية بانديجلانج. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220046_Cover.pdf Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220046_Lampiran Depan.pdf Download (743kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220046_BAB I.pdf Download (538kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220046_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (710kB) |
||
Teks
S_PBA_191220046_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (379kB) |
||
Teks
S_PBA_191220046_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (645kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220046_BAB V.pdf Download (315kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220046_Daftar Pustaka.pdf Download (387kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa Arab Di Mata Pelajaran Bahasa Arab Di SMAN CMBBS Pandeglang, serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran bahasa Arab serta meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Responden yang diambil yaitu guru Bahasa arab, kepala sekolah, dan waka kurikulum tekhnik pengumpulan data dilakukan melalu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan Analisa deskriptif, Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi Kurikulum Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa di SMAN CMBBS Pandeglang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru sudah menyiapkan Pendidikan, pelatihan, modul ajar yang sesuai denga Kurikulum Merdeka Belajar. Dalam proses pelaksanaan, sudah sesuai dengan Kurikulm Merdeka Belajar, yaitu penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dimana guru sebagai fasilitator belajar siswa. Sedangkan dalam proses pembelajaran partisipasi siswa menjadi syarat mutlak terjadinya kegiatan belajar. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa Arab di SMAN CMBBS Pandeglang ada tiga faktor: Yang pertama, faktor guru, kedua, faktor peserta didik, ketiga, faktor sarana dan prasarana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Merdeka Belajar, Pembelajaran bahasa Arab di SMAN CMBBS Pandeglang |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Feb 2024 06:55 |
Perubahan Terakhir: | 21 Feb 2024 06:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14163 |
Actions (login required)
Lihat Item |