Pengaruh Metode Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara (Penelitian Eksperimen di kelas delapan di MTs Al-Mahdi Pabuaran)

Maryamah, Yuni Ratih (2024) Pengaruh Metode Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara (Penelitian Eksperimen di kelas delapan di MTs Al-Mahdi Pabuaran). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_181220054_Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_Lampiran Depan.pdf

Download (975kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (620kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (677kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (816kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Teks
S_PBA_181220054_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam kemampuan berbicara sebelum menggunakan metode Cooperative Learning, penggunaan metode Cooperative Learning di kelas VIII MTs Al Mahdi, dan pengaruh metode Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas yang terkait, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan metode yang dilakukan oleh peneliti adalah metode eksperimen, dimana ia mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan data. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Desain pre-test dan post-test untuk satu kelompok. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara pribadi, dan tes lisan. Terdapat pengaruh metode Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara, ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis Mann Whitney. Nilai (Asymp.Sig) lebih kecil dari 0,005. Maka berdasarkan hasil tersebut H0 Ditolak dan H1 Diterima. Ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Cooperative Learning, Keterampilan Membaca
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Feb 2024 03:34
Perubahan Terakhir: 21 Feb 2024 03:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.