Pengembangan Media Kartu Kata Pada Materi Memahami Arti Lambang Negara untuk Mengembangkan Keterampilan berpikir kritis Siswa SD/MI

Latipah, Maelatul (2024) Pengembangan Media Kartu Kata Pada Materi Memahami Arti Lambang Negara untuk Mengembangkan Keterampilan berpikir kritis Siswa SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240043_Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (837kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240043_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan kelayakan dan keefektifan media kartu kata pada materi garuda pancasila untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang pelaksanaannya melalui lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sebelum diuji cobakan di lapangan media kartu kata ini telah melakukan uji kelayakan melalui validasi oleh beberapa ahli diantaranya ahli media serta ahli materi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka didapatkan bahwa pengembangan media kartu kata dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI, hal tersebut terlihat dari hasil persentase nilai uji N-Gain yaitu 9,73. Media kartu kata yang dikembangkan memperoleh hasil persentase ahli materi dengan rata-rata yaitu 90,90% dengan kriteria validitas sangat layak, ahli media yaitu 92% dengan kriteria validitas sangat layak, rata-rata respon siswa yaitu 94% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil ujicoba lapangan, hasil rekapitulasi Hasil Pre-Test dan Post-Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan hingga 84,3%. Dengan demikian media pembelajaran kartu kata yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, layak, dan praktis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Kartu Kata, Garuda Pancasila, Berpikir kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Feb 2024 03:34
Perubahan Terakhir: 20 Feb 2024 03:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.