Latipah, Maelatul (2024) Pengembangan Media Kartu Kata Pada Materi Memahami Arti Lambang Negara untuk Mengembangkan Keterampilan berpikir kritis Siswa SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240043_Cover.pdf Download (96kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240043_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240043_BAB I.pdf Download (191kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240043_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (298kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240043_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (418kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240043_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (837kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240043_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240043_Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan kelayakan dan keefektifan media kartu kata pada materi garuda pancasila untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang pelaksanaannya melalui lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sebelum diuji cobakan di lapangan media kartu kata ini telah melakukan uji kelayakan melalui validasi oleh beberapa ahli diantaranya ahli media serta ahli materi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka didapatkan bahwa pengembangan media kartu kata dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI, hal tersebut terlihat dari hasil persentase nilai uji N-Gain yaitu 9,73. Media kartu kata yang dikembangkan memperoleh hasil persentase ahli materi dengan rata-rata yaitu 90,90% dengan kriteria validitas sangat layak, ahli media yaitu 92% dengan kriteria validitas sangat layak, rata-rata respon siswa yaitu 94% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil ujicoba lapangan, hasil rekapitulasi Hasil Pre-Test dan Post-Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan hingga 84,3%. Dengan demikian media pembelajaran kartu kata yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, layak, dan praktis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Kartu Kata, Garuda Pancasila, Berpikir kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Feb 2024 03:34 |
Perubahan Terakhir: | 20 Feb 2024 03:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14140 |
Actions (login required)
Lihat Item |