Strategi Komunikasi MAFINDO dalam Kontrol Informasi Publik tentang Berita Hoax dan Berita Fitnah Menuju Pemilu 2024

Julianti, Kartika (2023) Strategi Komunikasi MAFINDO dalam Kontrol Informasi Publik tentang Berita Hoax dan Berita Fitnah Menuju Pemilu 2024. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510149_COVER.pdf

Download (418kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510149_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (662kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510149_BAB I.pdf

Download (329kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510149_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_KPI_191510149_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (228kB)
[img] Teks
S_KPI_191510149_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510149_BAB V.pdf

Download (211kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510149_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pesatnya penyebaran informasi yang ditunjang dengan perkembangan teknologi sekan menjadi boomerang bagi konsumen informasi itu sendiri. Di satu sisi, perkembangan teknologi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi secara cepat. Namun di sisi lain, terlalu terbukanya arus informasi menjadikan media massa ternodai dengan maraknya berita bohong atau sekarang dikenal dengan sebutan hoax. Dewasa ini, beragam hoax terus tersebar tak terkecuali di tahun-tahun politik jelang pemilu 2024 yang rawan akan persebaran berita hoax dan fitnah. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) kemudian hadir di tengah maraknya maraknya hoax di media sosial yang meresahkan masyarakat digital dan mengajak masyarakat dunia maya untuk berama-sama melawan hoax di media social. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi komunikasi MAFINDO dalam kontrol informasi publik tentang berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat MAFINDO dalam kontrol informasi publik tentang berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan latar belakang diatas, kemudian timbul rumusan permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana rumusan strategi komunikasi MAFINDO dalam kontrol informasi publik tentang berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024? 2) Bagaimana implementasi strategi komunikasi MAFINDO dalam kontrol informasi publik tentang berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024? 3) Bagaimana evaluasi strategi komunikasi MAFINDO dalam kontrol informasi publik tentang berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024?. Untuk menjawab persoalan diatas peneliti menggunakan teori tahapan strategi komunikasi Menurut Fred R. D. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan MAFINDO dalam memerangi berita hoax dan berita fitnah menuju pemilu 2024 adalah 1) Perumusan strategi komunikasi dilakukan MAFINDO dengan melakukan prebunking bersama relawan dan masyarakat, melakukan debunk di media sosial, imbauan hoax dan beragam program Bersama berbagai kemitraan untuk penanggulangan hoax menuju pemilu 2024. 2) Implementasi strategi komunikasi dilakukan MAFINDO dengan memiliki produk unggulan anti hoax baik lewat website maupun aplikasi sementara untuk membantu mengklarifikasi hoax MAFINDO menyediakan berbagai platform mulai dari Hoax Booster Tools (Cek Hoax) via aplikasi, Yudistira (platform cek fakta dan lapor hoax) viat website, CekFakta.com ((platform kolaborasi cek fakta), Turnbackhoax.id (platform klarifikasi) Kalimasada (platform periksa dan lapor hoax via WhattsApp). Evaluasi strategi komunikasi dengan melakukan peningkatan kinerja bersama relawan dan melakukan pemetaan factor pendukung, penghambat, peluang dan ancaman MAFINDO jelang Pemilu 2024. Sejak diresmikan pada November 2016, MAFINDO telah tersebar di 40 wilayah di Indonesia dengan lebih dari 5000 relawan dan sudah melakukan debunk tidak kurang dari 5729 berita.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, MAFINDO, Berita Hoax dan Fitnah, Pemilu 2024
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 320 Ilmu politik
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Feb 2024 02:21
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.