Pengembangan Media Explosion Box Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 ( Daerah Tempat Tinggalku) Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD/MI

Elianto, Neng Silvia (2024) Pengembangan Media Explosion Box Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 ( Daerah Tempat Tinggalku) Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240068_Cover.pdf

Download (51kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240068_Lampiran Depan.pdf

Download (918kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240068_BAB I.pdf

Download (191kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240068_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (273kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240068_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240068_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (485kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240068_BAB V.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240068_Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dilakukan dengan lima langkah, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media explosion box pada pembelajaran tematik. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemamfaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator. Dari data yang diperoleh 1) validasi media explosion box mendapat skor 90% dengan kategori “Sangat Layak” 2) validasi materi mendapat skor 75% dengan kategori “Layak”. 3) mendapat skor validasi guru kelas IV 77,5% “Layak”, Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 20 siswa dengan nilai rata-rata 0,75 masuk dalam kategori “Tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media explosion box layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 2.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2024 02:39
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2024 02:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.