Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Banten Kels IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku

Alfattah, Siti Karmila (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Banten Kels IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240004_Cover.pdf

Download (113kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240004_Lampiran Depan.pdf

Download (544kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240004_BAB I.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240004_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240004_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media berupa bahan ajar berbasis budaya lokal Banten pada pembelajaran tematik serta mengetahui kelayakan dari validator, respon guru, dan respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV MI Daarul Hikmah yang melibatkan 25 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pada tahap analysis dilakukan dengan melakukan pengumpulan data yaitu pra observasi, dan wawancara. Kemudian tahap design menghasilkan desain berupa pengembangan bahan ajar yang digunakan sebagai acuan pembuatan media pembelajaran. tahap development yakni tahap pengembangan yang dilaksanakan dengan melakukan validasi kepada 2 validator. Tahap implementation merupakan tahap implementasi yang diuji cobakan kepada peserta didik Kelas IV. Tahap akhir yaitu tahap evaluasi yang menghasilkan rencana evaluasi setelah diuji coba. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator memperoleh nilai rata-rata 93% dan dinyatakan layak untuk digunakan setelah dilakukannya revisi sebelumnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahan Ajar, Budaya Lokal Banten, ADDIE
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2024 08:19
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2024 08:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.