Halimatussa'diyah, Ima (2024) Efektifitas Penggunaan Media Audio Alquran Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Quran Anak Penderita Down Syndrome (Studi di Sekolah Kebutuhan Khusus Negeri 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210195_Cover.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210195_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210195_BAB I.pdf Download (178kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210195_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (428kB) |
||
Teks
S_PAI_171210195_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (259kB) |
||
Teks
S_PAI_171210195_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (284kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210195_BAB V.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210195_Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran untuk meningkatkan hafalan Al-Quran anak penderita Down Syndrome dengan menggunakan media audio Al-Quran (MP3), mengetahui kesulitan-kesulitan menghafal bagi anak penderita Down Syndrome dan pendekatan-pendekatan yang harus dilakukan serta langkah-langkah penggunaan media audio Al-Quran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan peserta didik penderita Down Syndrome. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian efektifitas penggunaan media audio Al-Quran untuk meningkatkan hafalan Al-Quran anak penderita Down Syndrome telah tercapai dan terpenuhi. Terbukti dengan meningkatnya hafalan Al-Quran pada peserta didik penderita Down Syndrome. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang mampu mengikuti bacaan surah-surah pendek, mampu melanjutkan sambungan ayat surat-surat pendek, dan peserta didik yang mampu mengingat nama surah yang diperdengarkan atau dibacakan. Media audio Al-Quran in diterapkan oleh guru PAI satu kali dalam setiap minggunya di dalam kelas saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan diperdengarkan setiap hari jum'at pagi di sekitar lingkungan sekolah. Langkah-langkah yang digunakan dalam Penggunaan media audio Al-Quran di kelas adalah langkah persiapan, langkah pelaksanaan ddan langkah tindak lanjut. Faktor penghambat dari penggunaan media audio Al-Quran dalam upaya menigkatkan hafalan adalah suasana hati (mood) siswa, intelegensi (IQ), minimnya media pendukung pembelajaran, dan kurangnya konnsentrasi dan kepatuhan siswa. Upaya yang dilakukan guru untu mengatasi faktor-faktor penghambat dari penggunaan media audio Al-Quran dalam meningkatkan hafalan anak penderita Down Syndrome adalah dengan melakukan pendekatan individu dan pendekatan kasih sayang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Audio Al-Quran, Menghafal Al-Quran, Down Syndrome |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 26 Jan 2024 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 26 Jan 2024 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14081 |
Actions (login required)
Lihat Item |