Pengembangan Media Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Permainan Tebak Gambar Siswa Kelas VII SMP Muhamadiyah Menes

Mutiara, Siti Marwah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Permainan Tebak Gambar Siswa Kelas VII SMP Muhamadiyah Menes. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_202650004_Cover.pdf

Download (518kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PBA_202650004_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_202650004_BAB I.pdf

Download (582kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PBA_202650004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (543kB)
[img] Teks
T_PBA_202650004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (636kB)
[img] Teks
T_PBA_202650004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_202650004_BAB V.pdf

Download (615kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_202650004_Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang penelitian ini Secara umum, tidak semua siswa dapat menguasai keempat keterampilan berbahasa dengan mudah. Keadaan tersebut dirasakan oleh siswa kelas VII SMP Muhamadiyah Menes. Salah satu penyebabnya adalah perbendaharan kosakata bahasa Arab yang banyak. Mempelajari dan menguasai kosakata bahasa asing bukanlah suatu hal yang mudah. Pembelajaran kosakata biasanya diajarkan dengan cara pendidik menyajikan sederet kosakata, kemudian siswa mengingat dan menghafalkannya. Hal ini membuat siswa sangat kesulitan karena harus mengingat kembali kosakata tersebut. Penguasaan kosakata dalam suatu bahasa sangat mempengaruhi kecakapan seseorang dalam berbahasa baik secara reseptif maupun produktif. Oleh karena itu pembelajaran kosakata bahasa Arab perlu mendapat perlakuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kosa kata bahasa Aarab dengan menggunakan permainan tebak gambar , mengetahui kelayakan permainan tebak gambar sebagai media pembelajaran, dan mengetahui penerapan permainan tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yaitu jenis penelitian pengembangan yang Populasi penelitian ini adalah siswa , hal ini deisebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, munculah ide untuk mengembangkan media pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan permainan tebak gambar untuk siswa kelas VII di SMP Muhamadiyah Menes, sampel pada penelitian ini terdiri dari satu kelas sebanyak 18 Siswa. ن Langkah pengembangan penelitian ini menurut Teori Borg and Gall terdapat 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpuln data, desain produk, validasi desain, revisi desain, Uji coba produk, Revisi Produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, dan Produksi. Hasil penelitian ini akan dilihat dari test prestasi siswa (rata-rata nilai post test) yakni nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yakni 78.00 dan uji efektifitas media , dengan demikian akan dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII bisa efektif dan layak digunakan di SMP Muhamadiyah Menes.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Media Permainan Tebak Gambar, Kosakata Bahasa Arab
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2024 06:29
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2024 08:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.